• Bapenda Kab. Kendal
blog-img-10

Posted by : admin_bapenda

SOSIALISASI PENYESUAIAN NJOP PBB-P2 TAHUN 2022

SosialisasiKendal - Bumi dan Bangunan merupakan properti yang bersifat kebendaan, sehinga dalam pengenaannya berdasarkan obyek bumi dan bangunan tersebut tanpa melihat subyek yang menguasai atau memanfaatkannya.

Landasan filosofi PBB adalah:

  1. Bahwa PBB merupakan sumber penerimaan yang penting bagi pelaksanaan dan peningkatan pembangunan untuk meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat
  2. Bahwa bumi dan bangunan memberikan keuntungan dan/atau kedudukan sosial ekonomi yang lebih baik bagi seseorang/badan yang mempunyai suatu hak atasnya atau memperoleh manfaat darinya, oleh sebab itu wajar apabila kepada mereka diwajibkan memberikan sebagian dari manfaat atau kenikmatan yang diperolehnya melalui pajak

 

DASAR PENYESUAIAN NJOP

Sebagai dasar pengenaan PBB adalah nilai properti yang dikuasai atau dimanfaatkannya sehingga besaran ketetapan PBB yang harus dibayarkan setiap Wajib Pajak dipengaruhi oleh Nilai Jual Obyek Pajak yang setiap saat mengalami perubahan.

Dalam pengelolaan PBB-P2 di Kabupaten Kendal sejak tahun 2013, data nama subjek, obyek, NOP dan NJOP-nya yang dipakai masih merupakan warisan dari Dirjen Pajak (KPP Pratama Batang),

Berdasarkan amanat UU Nomor 28 tahun 2009 dan Perda Nomor 11 tahun 2011, Pemerintah Kabupaten Kendal pada tahun 2022 melaksanakan kegiatan penyesuaian NJOP yang akan dijadikan dasar penetapan PBB-P2 tahun 2022

 

PELAKSANAAN PENYESUAIAN NJOP

Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Kendal sebagai pengelola PBB-P2 telah membentuk Tim Pelaksana Penyesuaian NJOP sedangkan tugas tim ini antara lain membuat formulasi dan simulasi penyesuaian NJOP dengan harapan penyesuaian NJOP tersebut tidak membebani masyarakat namun masyarakat mampu dan ikhlas berpartisipasi dalam pembangunan dengan pajak yang dibayarkannya.

Dari hasil simulasi tersebut mulai  bulan Februari 2022 secara bertahap Tim telah melakukan safari sosialisasi penyesuaian NJOP ke setiap stakeholder di Kabupaten Kendal.

Pada hari Kamis tanggal 17 Februari 2022 bertempat di AgrowisataTirto Arum Baru Kendal dilakukan Sosialisasi Penyesuaian NJOP PBB-P2 kepada Paguyuban Kepala Desa se Kabupaten Kendal. Bapak Abdul Wahab, S.Sos, MIDs, M.Eng selaku Plt. Kepala Badan Pendapatan Daerah dalam sosialisasi tersebut menyampaikan bahwa NJOP yang dipakai sekarang masih sangat jauh dari harga pasar dimasyarakat yang telah mengalami kenaikan berkali lipat bahkan lebih dari 500% selisihnya, sehingga Pemerintah perlu menyesuaiakan kenaikan harga pasar property yang terjadi dimasyarakat.

Walaupun menurut Undang-undang, Bupati diberikan kekuasaan penuh dalam menetapkan besarnya NJOP PBB namun Pemerintah Kabupaten Kendal perlu koordinasi dan sosialisasi serta masukan dari para pimpinan di wilayah Kecamatan maupun Desa/Kelurahan agar tidak terjadi gejolak namun pendapatan dari PBB-P2 bisa tercapai. Dari hasil diskusi dan masukan dari Paguyuban Kepala Desa se-Kabupaten Kendal sepakat untuk menyesuaikan Nilai Indikasi Rata-rata (NIR) 1 (satu) kelas. Diharapkan dengan penyesuaian NJOP tersebut bisa didukung oleh semua komponen masyarakat dan timbul kesadaran masyarakat untuk ikut berpatisipasi dalam Pembangunan di Kabupaten Kendal dengan membayar pajak tepat waktu.

(bapenda.kendal)