• Bapenda Kab. Kendal
blog-img-10

Posted by : admin_bapenda

SOSIALISASI PENGELOLAAN PBB-P2 TAHUN 2022

Pemerintah Kabupaten Kendal melalui Badan Pendapatan Daerah menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P-2) Tahun 2022 kepada Kepala Desa, Lurah dan Camat pada 5 (lima) eks kawedanan Kabupaten Kendal yang diselenggarakan pada tanggal 7 Maret s/d 9 Maret 2022.

Acara tersebut dilaksanakan pada 5 (lima) tempat yaitu Resto Gentuman untuk wilayah Kecamatan Patebon, Kecamatan Kendal, Kecamatan Pegandon dan Kecamatan Cepiring. Bertempat di Resto Holiday/River Walk untuk wilayah Kecamatan Boja, Kecamatan Singorojo dan Kecamatan Limbangan dan Omahe Opa Park untuk wilayah Kecamatan Plantungan, Kecamatan Pageruyung, Kecamatan Sukorejo dan Kecamatan Patean. Kemudian Rumah Makan Salsabil Cangkring untuk wilayah Kecamatan Kaliwungu, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kecamatan Ngampel dan Kecamatan Brangsong serta Walet Coffe Weleri untuk wilayah Kecamatan Weleri, Kecamatan Rowosari, Kecamatan Kangkung, Kecamatan Gemuh dan Kecamatan Ringinarum.

Narasumber pada acara tersebut berasal dari Komisi A DPRD Kab. Kendal, TAPD Kab. Kendal dan Bapenda Kab. Kendal

Dalam kesempatan tersebut, Plt. Kepala Badan Pendapatan daerah Kabupaten Kendal bapak Abdul Wahab, S.Sos, MIDS, M.Eng  menyampaikan bahwa acara tersebut merupakan tindak lanjut dalam melaksanakan amanat Undang-Undang Nomor  1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan Antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, Perda Nomor 11 Tahun 2011  tentang Pajak Daerah jo Perda Nomor 9 Tahun 2018 dan Perbup Nomor 66 Tahun 2017 tentang Tata Cara Penentuan Nilai Jual Objek Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan di Kabupaten Kendal. Disampaikan juga bahwa kondisi PBB-P2 di Kabupaten masih jauh dari ideal, Kondisi Obyek Pajak belum semua terupdate bangunannya dan perlu dilakukan penilaian ulang, Sebagian Nilai jual Obyek Pajak (NJOP) masih jauh dibawah harga pasar karena NJOP baru naik 1 kelas selama kurun waktu 8 tahun terakhir. Dan yang tidak bisa diabaikan adalah potensi resistensi Wajib Pajak besar cukup tinggi ketika dinilai ulang NJOP Tanah dan Bangunannya.

Untuk tahun 2022 diambil kebijakan untuk menyesuaikan NJOP PBB naik 1 kelas, dengan kebijakan tersebut NJOP Tanah rata-rata ada penyesuaian sebesar 27% dan NJOP Bangunan tidak mengalami penyesuaian. Kebijakan tersebut diambil dengan pertimbangan bahwa :

  • Nilai jual tanah dengan NJOP semakin besar selisihnya sehingga NJOP menjadi semakin tidak wajar jika tidak disesuaikan;
  • Kondisi recovery ekonomi tetap diperhatikan sehingga langkah penyesuaian diambil dengan hanya 1 (satu) kelas tanah saja sehingga diharapkan tidak terlalu memberatkan;
  • Penambahan pendapatan daerah akan berdampak positif pada anggaran/pembangunan di tingkat desa.

Adapun maksud dan tujuan diselenggarakan acara ini, yakni : (1) Memberikan informasi proses penetapan PBB-P2 di Kabupaten Kendal yang mengalami penyesuaian daripada tahun sebelumnya dan (2) Penyampaian petunjuk pelaksanaan kegiatan terkait dengan PBB-P2.

Diharapkan kepada para Kepala Desa, Lurah dan Camat agar dapat mensosialisasikan dan memberikan informasi kepada masyarakat terkait dengan ketetapan PBB P2 Tahun 2022 dimana peningkatan PendapatanAsli Daerah terutama dari sektor PBB_P2 yang dipergunakan untuk pembangunan dan dapat meningkatan  kesejahteraan dan kemakmuran seluruh masyarakat di Kabupaten Kendal